Kamis, 10 Juli 2008

Pameran Matari Advertising

Pada tanggal 7 April 2008 di Hotel Gran Melia yang berada di bilangan Rasuna Said, Jakarta, diselenggarakan pameran yang diadakan oleh Matari Advertising,sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang periklanan. Selain berisi napak tilas atau sejarah perjalanan perusahaan tersebut, acara juga diisi dengan peluncuran buku yang diberi judul Rumah Iklan.

Isi pameran sendiri cukup lengkap. Dibagi atas 4 dekade bagian,tahun 1970-an,1980-an,1990-an,serta periode 2000-an, diperlihatkan poster-poster iklan beraneka jenis sesuai masanya masing-masing. Selain itu disajikan juga kepada pengunjung peralatan-peralatan yang digunakan oleh kegiatan periklanan dari masa ke masa.Seperti mesin cetak tahun 1970-an yang masih sangat manual, alat duplikat kaset yang masih sangat sederhana, sampai sistem pencahayaan untuk adegan syuting iklan.



















Dan ada satu yang menarik, disediakan ruang khusus yang memutar iklan-iklan televisi jaman dulu, yang untuk pemirsa jaman sekarang mungkin menjadi terasa lucu melihatnya. Mungkin pembaca yang berasal dari generasi yang masih sempat menonton acara Siaran Niaga tahun 70-an di TVRI,mungkin dapat membayangkan bagaimana sajiannya. Dan memang setiap yang menonton pasti tertawa terbahak-bahak.









Rasanya hati cukup terpuaskan melihat seluruh isi pameran ini. Kita menjadi tahu perkembangan dunia periklanan Indonesia dari masa ke masa, dan tidak hanya menikmati produk masa sekarang saja. Terima kasih juga kepada Matari yang bersedia memberi informasi ini kepada masyarakat Indonesia dan cukup menghibur.

Tidak ada komentar: